0

Rekor kemenangan timnas Indonesia 13-1 Filipina (Tigers Cup 2002)

Posted by Unknown on 13.12
     

      Pada tanggal 23 Desember 2002, timnas Indonesia dan timnas Filipina akan saling berhadapan di penyisihan grup A Tigers Cup 2002 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

     Pertandingan ini dikenang sebagai pertandingan bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, karena dalam pertandingan tersebut menghasilkan 14 gol, 13 gol untuk Indonesia, dan 1 gol untuk Filipina. Skor dari pertandingan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah sepak bola di Asia Tenggara, karena tidak pernah ada tim yang mampu mencetak 13 gol ke gawang lawan.

     Sebelum pertandingan ini Indonesia membutuhkan kemenangan lebih dari 3 gol untuk maju ke babak berikutnya, karena pada saat yang sama Vietnam mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2.

     Indonesia memulai permainan dengan sangat cepat. Tanpa diduga, Indonesia mampu menghancurkan pertahanan Filipina dan mencetak 7 gol di babak pertama.

     Di babak kedua, lagi-lagi Indonesia mencetak 6 gol, meskipun Filipina telah memperkecil dengan 1 gol, namun Indonesia akhirnya melaju ke semifinal dengan mengumpulkan 8 poin, di bawah tim nasional Vietnam yang menjadi juara grup dengan 10 poin, dan timnas Myanmar berada di peringkat ketiga dengan selisih hanya satu poin dari Indonesia. Sementara itu, tim nasional Filipina berada di dasar klasemen dengan 0 poin.

      Setelah lolos di penyisihan grup A, timnas Indonesia ditantang oleh timnas Malaysia. Dibabak Semifinal ini timnas Indonesia berhasil menghapus harapan Malaysia untuk melangkah ke babak Final lewat gol tunggal Bambang Pamungkas di menit ke 75. sementara di pertandingan yang lain Thailand berhasil menyingkirkan Vietnam dengan skor 4-0.

     Akhirnya babak Final Tigers Cup 2002, mempertemukan timnas Indonesia dengan timnas Thailand. setelah bermain imbang 2-2, akhirnya pertandingan harus ditentukan lewat tendangan adu penalti. dari 4 pemain yang melakukan tendangan penalti untuk Indonesia, 2 diantaranya gagal menjalankan tugasnya yaitu Sugiantoro dan Sandy. Sedangkan Bambang dan Imran berhasil menggetarkan gawang Thailand.. Sementara 4 pemain Thailand berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dan akhirnya Thailand keluar sebagai juara, dengan skor akhir 2-2 (4-2.pk)

Match Details

Event :
Tigers Cup 2002 (Grup A)

Date : 23 Desember 2002
Match : Indonesia 13 - 1 Filipina
Goals : 
Indonesia : Bambang Pamungkas 1',29',35',82'; Zaenal Arif 6',38',41',57'; Budi Sudarsono 16'; Sugiantoro 55',75'; Imran Nahumarruri 81'; Licuanan (og) 88'
Filipina : Ali Go 78'
Venue : Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
Referee : Khanthacai Virat (Thailand)
Attendance : 50,340


Pemain Indonesia tertunduk lesu setelah dikalahkan Thailand di babak Final

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 The Star Fire All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.